hai

selamat datang di blogku, mohon dibaca dan kasih komentar dan saran yang positip. Mudahan ini bermanfaat bagi teman2 semua.

Sabtu, 25 Juni 2011

Competitive Advantage - Keunggulan Kompetitif

Bagaimana menciptakan Competitive Advantages atau Keunggulan Kompetitif untuk berkompetisi dan mempertahankannya. Apakah dengan produk atau jasa yang memberikan keunikan atau harga yang murah? Berbeda dari pesaing sehingga pesaing susah  untuk mengcopynya 
Keunggulan Kompetitif sebagai kunci untuk memenangkan dan mempertahankan pelanggan di seluruh area bahkan kalau bisa seluruh dunia serperti Sony menciptakan Consumer Electronics : TV, Audio, Game bahkan merambat ke handphone dan kamera. Keunggulan Kompetitif memahami kebutuhan – kebutuhan  (needs) dari pelanggan dan merupakan proses pembelian yang lebih baik dari pelanggan dan memberikan value  yang lebih besar melalui harga yang lebuh rendah atau memberikan keuntungan (benefit) yang lain. 



Mengembangkan strategi yang sukses bergantung pada menciptakan gerakan kompetitif yang bertujuan menarik bagi pembeli / pelanggan  dengan cara-cara :
·         untuk mengatur perusahaan berbeda dari saingan dan
·         Mengukir posisi pasar sendiri dengan masuk pertama atau kategori tertentu
·         Melibatkan pengembangan khas untuk menarik pelanggan dan menghasilkan  Keunggulan Kompetitif.



Beberapa contoh strategi yang sukses: Southwest Airline didirikan di airport Love Field di Dallas pada tahun 1971 oleh Rollin King, Lamar Muse, dan Herb Kelleher. Untuk menghubungi 3 kota besar di negara bagian Texas – Dallas, Houston, dan San Antonio. Waktu tempuh antara masing-masing 3 kota itu 1 jam dengan pesawat jet atau 3 jam dengan kendaraan darat. Sebagai airline yang menyediakan harga tiket murah, Southwest Airlines mengharapkan mereka bisa menarik business traveler antara 3 kota itu untuk mimilih terbang naik Southwest daripada nyetir mobil. Southwest Airlines yang bermarkas di airport Dallas Love Field mulai beroperasi dengan 3 buah B737-200.  (http://www.indoflyer.net/forum/tm.asp?m=482553), Sekarang mereka melayani sekitar 70 kota di US dan 25 kota di Mexico. Sekarang usahanya dikembangkan di Hotel, penyewaan mobil  dan Libutan (Vacation).  Bahkan Southwest Airlines menerima kucing dan anjing kecil yang sudah divaksinasi dalam suatu pembawa yang diperhirungkan beratnya sebagai carry on  bag dengan biaya $75 USD per pet per trip.
Strategi yang dipakai adalah sebagi berikut.
·         Mengembangkan bisnis secara bertahap dengan menambahkan lebih banyak penerbangan pada rute yang ada dan memulai layanan untuk bandara baru
·         Membuat layanan yang ramah 
·         Menjaga armada hanya menggunakan pesawat Boeing 737 
·         Mendorong pelanggan untuk membuat reservasi dan membeli tiket di situs Web perusahaan
·         Hindari terbang ke bandara yang padat atau ramai
·         Mempekerjakan sistem rute point-to-point
·         Menghemat biaya dengan waktu yang singkat untuk menurunjan dan menaikkan penumpang.



Empat Pendekatan Strategis yerbaik untuk Membangun Keunggulan Kompetitif yang berkelanjutan

·      Menjadi industry biaya murah (keuntungan  kompetitif berbasis biaya - a cost-based competitive advantage
·      Memasukkan fitur berbeda (jenis keunggulan kompetitif  -superior producta differentiation competitive advantage untuk kualitas yang lebih tinggi, kinerja yang lebih baik, pilihan yang lebih luas, nilai tambah layanan, atau beberapa atribut lainnya
·      Ber fokus pada ceruk pasar yang sempit  untuk memenangkan keunggulan kompetitif dengan melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada pesaing untuk melayani kebutuhan dan preferensi pembeli untuk ceruk tertentu. (a focus on cost/ differentiation competitive advantage)
·      Mengembangkan keahlian dan kekuatan sumber daya yang tidak mudah ditiru atau ditandingi oleh pesaing (a capabilities-based competitive advantage or best cost competitive advantage)
Beberapa contoh Keunggulan Kompetitif (Competitive Advantages)
Berusaha untuk menjadi Low Cost Provider
·         Wal-Mart
·         Southwest Airlines
·         AirAsia
Berkompetisi pada fitur yang berbeda
·         Johnson & Johnson - Keandalan dalam produk bayi
·         Harley-Davidson  Raja Jalanan
·         Rolex -  Prestise yang top
·         Mercedes-Benz  Disain Teknik dan Kinerja
·         Amazon.com - Seleksi Meluas dan Kenyamanan
Fokus pada niche pasar yang sempit
·         eBay - Lelang Online
·         McAfee - Virus Perlindungan 
·         Starbucks - Life Style dan Kopi Premium
Pengembangkan keahlian, kekuatan sumber daya, dan kemampuan tidak mudah ditiru oleh pesaing
·         FedEx - Pengiriman paket kecil unt diterima hari berikutnya 
·         Walt Disney – Manajeman Theme Park dan Hiburan Keluarga
·         Toyota - Sistem  Produksi yang Canggih
·         Ritz-Carlton - Layanan pribadi yang personal

1 komentar:

  1. Mgm casino & sportsbook app now live - JDH Hub
    Mgm online sportsbook app now live: New daily $500 bonus code: "MGM" Mgm online sportsbook app live: New daily $500 bonus code: "MGM" Mgm online sportsbook app live: New daily $500 bonus code: "MGM" Mgm online sportsbook app live: New 출장안마 daily $500 과천 출장안마 bonus code: "MGM" 전주 출장마사지 Mgm online sportsbook app live: 전라북도 출장샵 New daily $500 bonus code: "MGM" 보령 출장마사지 Mgm online sportsbook app live: New daily $500 bonus code: "MGM"

    BalasHapus